Home » » KETERLIBATAN ASING DALAM PENGGULINGAN SOEKARNO | KONSPIRASI G30S PKI

KETERLIBATAN ASING DALAM PENGGULINGAN SOEKARNO | KONSPIRASI G30S PKI

Written By Unknown on Wednesday, May 23, 2012 | 5:36 PM



Sejak kemerdekaan, Indonesia telah menjadi operasi lapangan intelijen dari berbagai negara. Jaringan berpengaruh adalah M-16 dari England dan CIA intelijen dari AS di samping RRC dan Uni Soviet KGB dia. Semua ini jaringan intelijen untuk bekerja di bidang pengawasan, pengaruh, memimpin operasi, sampai pengambilalihan kekuasaan di tahun 1965 dari Presiden Sukarno oleh Suharto, yang didasarkan dengan single kepentingan bukti hanya dapat dilihat dalam kelanjutan setelah kudeta 1965.

Kontinuitas adalah pembantaian, pelarangan ideologi komunis, soekarnois dan PKI, dan semua pihak dan organisasi masyarakat sipil dekat dengan Sukarno. Namun, jatuhnya Sukarno kepemimpinan nasional presiden RI pertama tetap merupakan misteri sejarah. Namun, rangkaian acara setelah kejatuhan Soekarno membuktikan peristiwa seperti yang direncanakan sangat matang dan canggih. Sebuah dokumen operasi intelijen CIA 1964 - 1966 yang lengkap dari Amerika Negara telah dibuka di publik internasional. Dokumen memiliki diterjemahkan dan diterbitkan sebagai salah satu bahan untuk meluruskan sejarah telah terdistorsi kepentingan Orde Baru. Indonesia di bawah kepemimpinan Soekarno memainkan peran penting di arena perang dingin antara blok Barat pimpinan Amerika dan blok Timur terdiri dari negara-negara sosialis. Kepemimpinan Indonesia terlihat di memobilisasi pasukan internasional dalam Konferensi Asia-Afrika dan Gerakan Non-Blok dan NEFO (New Emerging Forces) sebagai politiknya untuk wajah imperialisme dengan OLDEFO. Dokumen CIA yang sebelumnya merupakan dokumen rahasia yang berisi nomor informasi penting tentang kejadian itu kini telah terbuka untuk publik. Penerbit Hasta Mitra yang dipimpin Joesoef Isak dan selama Ini dikenal sebagai penerbit karya Pramudya Ananta Toer, menerbitkan terjemahaan dokumen CIA dalam sebuah buku berjudul Dokumen CIA, Track menggulingkan Sukarno dan Konspirasi G30S-1965. Mengomentari buku ini, Letjen (Purn.) Agus Widjojo mengatakan kekuatan terletak pada kenyataan bahwa ia adalah dokumen otentik menggambarkan kepentingan kekuatan utama dalam situasi perang Dingin. “Pada ideologi bahwa waktu adalah komandan, sehingga dinamika antara Barat dan Timur. Namun, internal faktor dalam menentukan negerilah kejadian 1965 acara, “kata putra almarhum Jenderal Soetojo, yang menjadi salah Pergerakan korban peristiwa 30 September 1965. Agus menegaskan teori umum konflik antara sipil dipimpin Sukarno dan PKI berhadapan dengan beberapa tentara adalah faktor internal yang menjadi titik lemah bagi masuknya kepentingan konflik perang dingin, dalam hal ini Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Cina, yang tidak kecelakaan dimenangkan oleh Amerika yang mewakili Barat. Oleh karena itu, Agus Widjojo mengingatkan, ketika kita merenungkan insiden Pada tahun 1965, dalam situasi krisis multidimensi dan ancaman disintergrasi dialami oleh Indonesia saat ini, pilihan adalah mengkonsolidasikan dalam satu rekonsiliasi yang pasti, atau hancur berkeping-keping dalam perang saudara dan intervensi asing di lapangan ekonomi dan politik.

Keterlibatan Rusia dan Cina

Mengomentari buku yang akan diluncurkan, mantan aktivis bersenjata 66 dan Forum Demokrasi, Rahman Toleng, berharap untuk melakukan hal Keterlibatan CIA terlihat pada saat perayaan 1965. Dia juga menunjukkan keterlibatan agen RRC dan Rusia di belakang mereka. Mantan Wakil Ketua MPRS, pada tahun 1966, Mayor Jenderal (Pur) Abdul Kadir Besar, mengingatkan faktor juga memainkan peran dalam negara sebagai pernyataan Anwar Sanusi (anggota CC PKI / Anggota Front Nasional) sebelum peristiwa 30 September 1965, yang Ibu Alam hamil besar. “Ini adalah sebuah tanda seperti peristiwa besar akan terjadi. Oleh karena itu, data- data dari negara juga harus perbandingan dokumen CIA itu, ” ujarnya. Dalam pandangan Abdul Kadir, PKI punya rencana 4-tahun demokrasi Soekarno-dipandu parlemen gaya yang yakin akan menang di Pemilu. Tapi karena dokter Cina peringatan tentang tingkat keparahan penyakit Soekarno, PKI khawatir Angkatan Darat akan mendahului merebut kekuasaan. “Dengan Oleh karena itu, G30S PKI didepan dengan hal itu, “jelasnya.

Dokumen Gilchrist

Untuk membaca dokumen CIA mungkin memerlukan latar belakang historis. Seorang pensiunan perwira Angkatan Darat mencari duduk aliran kronologis. Dalam pandangannya, peristiwa 1965 dipicu oleh dokumen bernama Dokumen Gilchrist. Gilchristduta besar Inggris pada waktu itu sebagai melaksanakan operasi intelijen Inggris dan AS, menerbitkan dokumen berisi situasi palsu konsolidasi Angkatan Darat, yang ia sebut sebagai Dewan Umum. Dokumen yang dibawa oleh Chaerul Saleh, Partai Murba pemimpin Sukarno, Subandrio, dan akhirnya Adit. Dalam partai sebelumnya di Eropa, Gilchrist mengatakan bahwa satu shot akan berubah Indonesia. Kemudian baru terungkap, sekretaris Duta Besar Inggris yang mempersiapkan anti-PKI operasi skenario dengan isu amoral, tidak bermoral, dan anti-agama yang kemudian meluncurkan ke dalam sejumlah surat kabar seperti ibukota Kemerdekaan, Berita Yudha, dan Angkatan Bersenjata. Hal ini terungkap karena ada satu dokumen telegram isu-isu ini ke dalam kampanye dengan kemerdekaan editorial. Menurut sumber, menanggapi situasi yang digambarkan Dokumen Gilchrist, Sukarno memerintahkan untuk segera mengatasi persoalan ini. Kolonel Soeparjo dan Kolonel Mursid menolak kemungkinan bahwa kemudian musim gugur untuk Untungnya, sebagai pelaksana Letnan Kolonel G30S. Jika Anda benar-benar ingin melakukan revolusi DN Aidit dari atas, langkah salah karena dia tidak melibatkan jajaran TNI yang berpihak pada PKI, dan harus Ingat Letnan Kolonel Untung ternyata bukan dari kalangan mereka.

Operasi Pembasmian

Ada hal yang menarik dalam buku ini, seperti daftar nama pemimpin 500-an PKI diterbitkan oleh CIA dan disampaikan oleh Adam Malik untuk tentara -Pemberantasan operasi perintah tertimbang cepat untuk PKI benar lumpuh rantai komando. Hanya dengan operasi cepat AS kepercayaan dapat Melumpuhkan PKI dan dapat menaikkan moral pasukan untuk melawan Sukarno dan PKI. Hanya beberapa petugas yang memiliki keberanian dan pengalaman terhadap Soekarno, yaitu mereka yang terlibat dalam PRRI Permesta tersebut dan Zulkifli Lopez, Vence Sumual, Kawilarang, dan tentu saja Kemal Idris. Aktivis Buruh Dita Indah Sari berkomentar bahwa dokumen dalam buku Hal ini memang membuktikan dana dari pemerintah AS jangka- oleh CIA operasi untuk menggulingkan Sukarno. Ini didahului dengan tindakan memata-matai semua kegiatan dan keputusan Soekarno, terutama sehubungan dengan konfrontasi dengan Malaysia dan pengiriman relawan untuk Malaysia. Hal-hal ini terungkap dalam semua percakapan telepon dokumen, telegram, dan surat rahasia pejabat AS baik di Amerika dan Indonesia seperti: Lindon Johnson (Presiden AS), Dean Rusk (Sekretaris Negara), Mc Namara (Menteri Pertahanan), Howard Jones (Dubes AS di Indonesia), V. Forrestal (Staf Keamanan Dewan Nasional), Bundy George Mc (Asisten Khusus Presiden Urusan Keamanan) Sebagaimana tercantum dalam halaman 156-158: Memorandum dipersiapkan CIA untuk Departemen Luar Negeri (dari Colby untuk Bundy) 18 September 1964 tentang prospek untuk tindakan tersembunyi beberapa di antara mereka telah menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan politik yang tersembunyi, walaupun terbatas tapi efektif. Selain itu ada sejumlah pendekatan ke kedutaan dan Lain misi oleh individu-individubeberapa komponen kepenitngan diri sendiri, yang lain adalah untuk mencari bantuan agar mereka mampu terhadap komunisme di Indonesia … untuk itu kami mengusulkan program tindakan intensif tersembungi, terbatas pada tujuan awalnya, tetapi dirancang untuk ekspansi jika situasi memungkinkan.

Kontek Perang Dingin

Mengenai pengungkapan berbagai dokumen, James D. Vilgo, sebuah pensiunan Letnan Kolonel AS, menegaskan bahwa dokumen harus ditempatkan pada konteks, yaitu periode Perang Dingin, di mana Intelijen AS memang bekerja ofensif. “Situasi politik yang berbeda sekarang, Kongres dan Senat AS alih-alih mengontrol semua kegiatan militer AS dan intelijen, agar tidak pekerjaan terlalu jauh. Dokumen ini adalah salah satu bukti kontrol membuka semua Operasi intelijen AS, sama seperti dokumen yang bersangkutan dengan Indocina, Chili, dan operasi di tempat-tempat lainnya. Tepat transparansi ini harus diikuti oleh Indonesia, yang di periode transisi sekarang, “katanya. Dia lebih lanjut mengatakan bahwa data dari AS harus dilengkapi dengan dokumen data yang dikeluarkan oleh pihak Indonesia sendiri untuk orang tahu persis apa yang terjadi dan pelajaran tidak terjadi lagi. Di era reformasi saat ini, kata dia, yang paling penting adalah sebuah upaya untuk mengubah paradigma, khususnya di bidang pendidikan sejarah yang harus seobjektif mungkin. Sebuah komite penyelidikan dapat dibentuk oleh sipil dan melibatkan intelektual dan luar negeri untuk memberikan masukan tentang MPR / DPR, sehingga memiliki kekuatan seperti Kongres AS dan Senat. Dalam pandangannya, isu tentang keterlibatan AS, tidak bisa dilihat sepihak karena efek sebenarnya adalah situasi dalam negeri di waktu itulah yang mengkhawatirkan AS. posisi AS adalah untuk meninjau terlibat nanti.

Cuci Tangan

Namun Dr Salim Said, menegaskan bahwa terjemahan dan penerbitan Buku ini Jangan menjadi sarana mencuci tangan PKI untuk peristiwa 1965. Memang Amerika terlibat, tapi aspek lain juga di luar AS harus diperhitungkan, jelas buku ini diterbitkan oleh Hasta Mitra untuk memperjelas isu khususnya, tentang keterlibatan AS, bahkan tidak membuatnya semakin kabur. Joesoef Isak sendiri menegaskan dalam pengantarnya bahwa penerbitan Buku ini tidak bermaksud untuk membangkitkan kemarahan rakyat Indonesia untuk Dunia Barat. “Kami menyadari bahwa dalam dunia barat dan di Amerika ada cukup banyak elemen New Emerging Forces dalam semua tingkat mereka kehidupan yang baik merindukan persahabatan dan perdamaian dunia ini. Sebaliknya, kita juga sadar, bahwa kekuatan besar Lama Didirikan Pasukan masih kuat bercokol dan mengacau rumah kita sendiri, “katanya. Dia melanjutkan bahwa ini adalah mengapa politik dan ekonomi globalisasi globalisasi secara inheren kecerdasan destruktif kemanusiaan, keadilan beradab, dan manusia perdamaian bumi, mutlak harus dihadapi dengan kerjasama dan meningkatkan globalisasi solidaritas The New Emerging Angkatan seluruh dunia.

Source: Ganefo.com

0 komentar: